Struktur bangunan terdiri dari beberapa komponen yang berbeda – beda menurut fungsi dari tiap material yang digunakan, sehingga memerlukan ketepatan dalam cara sekaligus langkah pengerjaan bangunan agar menghasilkan bangunan yang rapi, presisi dan kokoh tahan lama.

Salah satu komponen penting dalam suatu bangunan adalah Render.

 

Render digunakan dalam proses pengerjaan melapisi dinding bata / rendering yang berfungsi untuk memperkuat struktur dinding serta melindungi dinding dari kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca.

 

Sebagian dari anda mungkin masih mengalami kendala untuk menghilangkan nat bata ringan saat proses pengerjaan meratakan dinding bata lalu memutuskan untuk mengulangi proses plester / render berkali – kali hingga permukaan dlapisan dinding menjadi terlalu tebal namun nat bata ringan belum juga hilang / rata?

 

Yuk ketahui tentang Top Mortar Render!

 

Apa itu Top Mortar Render?

Top Mortar Render adalah mortar render yang terbuat dari perpaduan antara active binder, pasir pilihan, semen, filler serta bahan aditif yang diformulasi khusus menjadi mortar render berkualitas sehingga mampu menutup permukaan dinding bata lebih cepat, kuat, rapi dan halus.

Top Mortar Render memiliki sifat adukan yang halus, elastis serta memiliki daya rekat sangat kuat sehingga dapat digunakan sebagai plester sekaligus acian, oleh karena itu menjadi solusi bagi renovasi bangunan atau rumah anda makin praktis, irit material dan juga hemat waktu pengerjaan.

 

Cara Cepat Menghilangkan Nat Bata Ringan Hingga Rata

  1. Pastikan permukaan dinding bata bersih dari debu, serpihan material, minyak dan kotoran, lalu lembabkan atau percikkan air secukupnya pada permukaan dinding bata ringan.
  2. Setelah membersihkan dan melembabkan permukaan dinding bata, langkah selanjutnya ialah menyiapkan campuran Top Mortar Render dengan cara:
  • Tuangkan air kedalam bak adukan.
  • Masukkan sedikit demi sedikit bubuk Top Mortar Render ke dalam bak adukan yang berisi air sambil diaduk.
  • Aduk campuran air dan bubuk Top Mortar Render menggunakan sendok semen / hand mixer hingga rata sempurna.

3. Tahap berikutnya ialah mengaplikasikan campuran Top Mortar Render pada dinding bata ringan dengan langkah pengerjaan sebagai berikut:

 

  • Sebarkan adukan Top Mortar Render pada dinding bata dengan menggunakan sendok semen / roskam besi.
  • Ratakan dengan menggunakan roskam besi.
  • Gosok sembari tekan lapisan render dengan menggunakan roskam kayu untuk memadatkan lapisan render pada permukaan dinding bata.
  • Setelah permukaan lapisan padat, gunakan roskam besi untuk menghaluskan permukaan dinding bata. Anda dapat melembabkan atau memercikkan air secukupnya pada permukaan lapisan render untuk mempermudah proses menghalus permukaan dinding.
  • Setelah itu, biarkan lapisan render hingga kering sempurna sebelum melanjutkan langkah finishing berikutnya.

Nah, demikian langkah melapisi permukaan dinding bata dengan cepat hingga mampu menghilangkan nat bata ringan hanya 2 – 3 lapisan dengan menggunakan Top Mortar Render.

 

Baca artikel lainnya di:

https://topmortar.com/2018/12/14/cara-menggunakan-acian-plesteran-plaster-skim-coat-yang-benar/