Tidak dipungkiri bahwa AC merupakan salah satu bagian yang mendampingi pada kehidupan sehari-hari kita, Air Conditioner (AC) sendiri cukup bermanfaat pada lingkungan yang membutuhkan udara sejuk namun tertutup.

Dengan sistem pendingin pada tiap komponen yang di rancang sedemikian rupa agar menghasilkan suhu yang lebih sejuk menjadikan AC sebagai salah satu alternatif kipas angin.

Cara Kerja Air Conditioner Pada Rumah

Adanya kemajuan teknologi menjadikan kehidupan sehari-hari manusia lebih terbantu dan positif untuk meringankan beban pekerjaan. Salah satunya adanya AC yang berperan penting untuk mendinginkan suhu pada ruangan.

Tidak hanya pada ruangan rumah saja, kini Air Conditioner (AC) juga digunakan pada perkantoran atau restoran yang notabennya ruangan tertutup. AC sendiri mempunyai banyak fungsi seperti yang dilansir pada laman mycoplan bahwa AC tidak hanya berfungsi untuk menyejukkan ruangan saja, namun untuk memberikan kenyamanan pada setiap penggunanya.

Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit pengguna yang belum memahami cara kerja dari AC itu sendiri. Secara garis besar pengguna hanya mengetahui kegunaan AC dan cara menggunakannya saja dan sedikit pengguna yang paham terkait sistem kerja Air Conditioner itu.

Untuk itu, berikut akan kami paparkan untuk Anda sistem kerja AC pada ruangan rumah atau perkantoran.

AC Bekerja Menghisap Udara dari Dalam Ruangan

Cara kerja Air Conditioner secara umum yaitu menghisap udara yang ada di dalam ruangan menggunakan bantuan kipas sentrifugal yang terdapat pada evaporator. Udara yang telah di hisap akan bersentuhan dengan pipa coil yang mengandung cairan refrigerant.

Cairan refrigerant otomatis akan menyerap udara panas sehingga udara dalam ruangan menjadi lebih dingin. Jadi Anda tidak perlu heran jika pembuangan udara pada belakang AC akan terasa panas karena udara panas dari dalam di keluarkan pada luar ruangan.

AC Bekerja Mengatur Sirkulasi Udara

Tidak hanya menghisap udara panas yang ada di dalam ruangan saja, ternyata uap Air Conditioner yang berasal dari evaporator di sirkulasikan menuju kondesor sehingga tekanan uap refrigerant akan naik dan masuk ke dalam kondensor AC.

Dalam hal ini sirkulasi udara akan berubah menjadi dingin sesuai dengan keinginan. Pengguna bisa mengatur suhu yang di inginkan menggunakan remote AC besar kecilnya suhu bisa diatur karena ada bantuan kipas propeller untuk menyesuaikan suhu pada ruangan.

Memproses Penguapan pada Pipa Evaporator

Selama proses penguapan di dalam pipa evaporator, freon yang mengalir melalui pipa pendingin akan menghisap panas dari udara yang berjalan melewatinya sehingga timbul proses penguapan.

Mengurangi Suhu dan Kelembapan

Cara kerja AC selain menghantarkan udara panas ke dalam luar ruangan, ternyata AC juga bisa bekerja untuk mengurangi suhu dan kelembapan dalam ruangan sehingga ruangan bisa menjadi lebih dingin dan mudah di atur suhu sesuai keinginan kita.

Secara umum cara kerja AC dibagi menjadi 2 bagian. Pertama proses Evaporasi dan yang kedua proses Kondensasi.

1. Proses Evaporasi
Pada proses yang pertama ini AC akan menyerap udara panas yang ada di dalam ruangan melalui evaporator. Evaporator sendiri termasuk salah satu komponen pada AC yang terbuat dari pipa kecil dan di lapisi oleh zat pendingin (refrigerant). Zat ini akan menguap pada suhu bertekanan rendah sehingga akan mudah menyerap panas dari udara yang melewatinya sehingga suhu ruangan akan lebih sejuk.

2. Proses Kondensasi
Untuk proses yang kedua yaitu proses kondensasi, pada proses ini udara panas akan terserap pada zat pendingin yang akan di bawa ke kondensor. Sama halnya dengan evaporasi, kondensor juga merupakan komponen AC yang dibuat dari pipa-pipa yang dilapisi kipas. Kipas ini berfungsi untuk meniupkan udara panas dari luar ruangan ke kondensor.

Secara umum itu dia cara atau sistem kerja pada Air Conditioner (AC) untuk fungsi sama saja AC pada ruangan rumah, perkantoran maupun restoran. Bagi Anda yang ingin AC bertahan lama dan tidak mudah rusak pengguna bisa membeli AC dengan merk ternama.

Untuk masalah tempat penampungan tangki air, Anda juga harus memilih tangki yang berkualitas sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Tangki air merk Grand dari Tedmond Groups merupakan salah satu tangki terbaik yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.

Dapatkan tempat penampungan air berkualitas tinggi dan anti lumut dengan tangki air merk Grand pada nomor berikut ini.

Whatsapp : 081-1351-8581