Anak usaha PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), PT Bhirawa Steel, yang bergerak di bidang manufaktur baja tulangan beton, memelopori Pengujian Performa Seismik Baja Tulangan Mutu Tinggi Produk BjTS 550 di Indonesia.

Uji laboratorium produk BjTS 550 PT Bhirawa Steel telah dilaksanakan pada 6 Juni 2023 di Laboratorium Struktur, Center for Infrastructure and Build Environment (CIBE) Institut Teknologi Bandung (ITB).

PT Bhirawa Steel menjadi produsen baja tulangan yang pertama kali melakukan Pengujian Performa Seismik Baja Tulangan Mutu Tinggi produk BjTS 550 di Indonesia.

BjTS 550 adalah produk baja tulangan yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan bangunan tahan gempa berkualitas tinggi yang efisien dari sisi biaya.

Produk baja tulangan beton BjTS 550 merupakan produk baja tulangan sirip unggul yang telah melewati uji material dimana kualitas BjTS 550 sudah memenuhi standar SNI 2052:2017 dengan kondisi memuaskan.

Hasil uji material menunjukkan BjTS 550 memiliki nilai elongation (regangan) sebesar 14-17 persen, dari yang dipersyaratkan dalam SNI 2052:2017 yakni sebesar 12-14 persen.

Dengan nilai elongasi yang tinggi, dan BjTS 550 memiliki daya regangan yang lebih kuat sehingga layak digunakan dalam struktur bangunan tahan gempa.

Produk BjTS 550 Bhirawa Steel telah digunakan pada berbagai proyek infrastruktur di Indonesia, seperti PLTU, gedung mall, apartemen, rumah sakit, serta jalan dan jembatan.

Sejumlah proyek yang dimaksud antara lain Chimney PLTU Suralaya Cilegon, Tuban Jetty and Its Ancillary Production & Transportation Facilities Project, Apartemen Westown View Surabaya, RS Dr Wahidin Sudirohusodo, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Padang-Sicincin dan Ruas Binjai- Pangkalan Brandan.