Pernahkah anda menjumpai bangunan rumah, restoran ataupun café dengan desain industrial ataupun Scandinavia?

Perkembangan di dunia konstruksi terus berkembang maka tidaklah mengherankan apabila trend akan desain arsitektur bangunan pun juga makin bervarian. Penggunaan material bangunan bata ekspose sering kita jumpai pada suatu bangunan yang memiliki desain industrial ataupun Scandinavia untuk menciptakan kesan minimalis bangunan pabrik jaman dahulu yang mana menjadi ciri khas dari desain industrial itu sendiri.

Lalu, apa sih yang disebut Bata Expose / Bata Tempel?

Sesuai dengan namanya, bata expose ialah batu bata yang tidak dilapisi oleh plester dan cat, secara umum digunakan untuk membuat sekat dinding serta untuk menambah estetika bangunan berkonsep industrial. Tujuan material tersebut tidak dilapisi plester ataupun cat adalah untuk menonjolkan warna serta tektur asli dari material tersebut.

Mulanya, bata ekspose terbuat dari tanah liat namun seiring dengan perkembangan dunia konstruksi, bata ekspose / bata timbul saat ini ada juga yang terbuat dari gypsum. Dari berbagai jenis bata ekspose yang ada, masyarakat secara umum menggunakan jenis Bata Terakota. Bata ekspose terakota memiliki tampilan desain yang klasik. Bata tempel / bata ekspose terakota memiliki tekstur yang paling halus dengan bentuk bata yang presisi. Oleh karena itu, tidaklah heran apabila jenis bata tempel / bata ekspose ini dibandrol dengan harga paling mahal di antara jenis bata ekspose lainnya. Akan tetapi, bata ekspose terakota menjadi pilihan masyarakat karena bata ekspose terakota lebih awet serta tahan lama dan juga mudah dalam proses finishing.

Nah, setelah anda memiliki pemahaman akan bata expose maka langkah selanjutnya adalah cara memasang bata expose yang benar.

Untuk menghasilkan hasil yang memuaskan, anda harus memperhatikan beberapa faktor seperti: 

  • Pastikan memilih bata ekspose yang memiliki bentuk presisi dengan kualitas baik.
  • Dikerjakan oleh pekerja bangunan yang profesional.
  • Dikerjakan sesuai dengan anjuran produk.
  • Gunakan semen yang memiliki daya rekat kuat dengan kualitas dan mutu terjamin seperti Top Mortar Plester & Pasangan Bata.

 

Cara Pasang Bata Tempel / Bata Ekspose Menggunakan Top Mortar Plester & Pasangan Bata

  • Langkah awal tentukan ukuran bidang yang akan dipasang bata tempel / bata ekspose.
  • Lakukan proses ketrik pada dinding yang telah di aci agar pasangan bata tempel / bata ekspose merekat sempurna.
  • Bersihkan dinding dari serpihan material, debu dan kotoran.
  • Setelah itu, tentukan ukuran peletakkan bata tempel / bata ekspos untuk menentukan jarak pemasangan bata tempel / bata ekspos secara keseluruhan.
  • Campurkan secukupnya Top Mortar Plester & Pasangan Bata ke dalam ember berisi air, kemudian aduk hingga merata.
  • Gunakan sendok semen untuk mengoleskan adukan Top Mortar ke bata lalu tempelkan pada dinding.
  • Saat proses pemasangan bata tempel / bata ekspose pada dinding, sebaiknya dilakukan secara perlahan serta berhati - hati untuk hasil pemasangan yang rapi.
  • Pukul secara perlahan bata ekspose saat menempelkannya pada dinding agar bata merekat di dinding dengan sempurna.


Kelebihan dinding bata ekspose ialah dapat memberikan kesan estetis dan minimalis tanpa harus menggunakan cat tembok.

Apakah anda tertarik dengan desain dinding minimalis satu ini?

Demikian ulasan tentang bata tempel / bata ekspos lengkap dengan cara pasang bata tempel / bata ekspose dengan menggunakan Top Mortar Plester & Pasangan Bata. Semoga mampu menambah wawasan dan menjadi inspirasi anda.