Bagi anda pecinta ataupun penghobi hewan peliharaan khususnya ikan, pasti memiliki perasaan senang saat mengamati aktifitas ikan kesayangan sembari mendengarkan suara gemericik air kolam ikan.

 

Selain berfungsi sebagai habitat ikan peliharaan kesayangan, kolam ikan di rumah mampu memberikan rasa tenang dan damai terhadap penghuni rumah. Namun, permasalahan kebocoran akan terjadi pada kolam ikan apabila anda kurang memperhatikan secara perawatannya.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi kebocoran pada kolam ikan? Dan produk apa yang cocok digunakan untuk menambal kebocoran pada kolam ikan? Berikut penjelasannya.

 

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Kolam Ikan.

  1. Siapkan Tempat Khusus Untuk Memindahkan Ikan Peliharaan.

 

Sebelum menguras air dalam kolam ikan, anda harus memindahkan ikan peliharaan terlebih dahulu dengan cara memindahkan ikan bersamaan dengan sebagian air kolam ke dalam ember bersih / tempat khusus untuk ikan.

 

  1. Kuras Air Kolam.

 

Setelah memindahkan ikan dari kolam, Langkah selanjutnya adalah mengeringkan kolam dari air untuk mempermudah menemukan lokasi kebocoran pada kolam ikan.

 

  1. Temukan Lokasi Kebocoran Kolam.

 

Setelah mengeringkan kolam, temukan lubang atau retakan yang menyebabkan kebocoran pada kolam ikan. Tandai lubang atau retakan tersebut dengan goresan kapur atau penanda lainnya untuk mempermudah anda saat menambal lubang atau retakan tersebut.

 

  1. Tambal Kebocoran Kolam.

 

Setelah menemukan letak kebocoran, segera tambal kebocoran kolam dengan menggunakan pelapis anti bocor / waterproofing. Supaya mendapatkan hasil yang memuaskan, gunakan pelapis anti bocor / waterproofing 2 komponen seperti Top Mortar Wastop Immersa yang berupa bubuk & cair dalam satu paket. Berikut cara penggunaanya:

 

  • Bersihkan permukaan lokasi kebocoran pada kolam dari serpihan, kotoran dan minyak. Lalu, lembabkan / basahi area yang akan ditambal.
  • Tuangkan 5 Kg / secukupnya cairan Top Mortar Wastop Immersa kedalam adukan. Sembari diaduk, masukkan 20 Kg / secukupnya bubuk Top Mortar Wastop Immersa sedikit demi sedikit ke dalam adukan. Aduk hingga merata hingga adonan berbentuk pasta.
  • Setelah adukan benar-benar merata, gunakan kuas / trowel untuk meratakan adonan Top Mortar Wastop Immersa pada area kebocoran. Ratakan adonan dengan arah horizontal dan biarkan 2 jam hingga kering.
  • Setelah lapisan pertama kering, ratakanlah sekali lagi adukan Top Mortar Wastop Immersa dengan arah vertical / bersilangan pada lapisan pertama. Biarkan 4-6 jam hingga kering sempurna.

  

Memiliki daya rekat kuat, elastis / flexible dan tahan terhadap cuaca menjadikan Top Mortar Wastop Immersa memiliki sifat crack bridging yang sangat baik. Cocok untuk solusi kebocoran kolam ikan anda.

 

  1. Periksa Lagi Tambalan

 

Apabila tambalan dari Top Mortar Wastop Immersa sudah kering, maka isilah kolam dengan air secukupnya. Apabila air tidak berkurang atau tidak terdapat indikasi kebocoran lagi, anda bisa menambahkan air lagi kedalam kolam.

 

Dengan memperhatikan perawatan kolam, ikan kesayangan anda akan menjadi lebih sehat. Selain itu, dengan mengintegrasikan kolam ikan pada rumah, anda mendukung terciptanya ekosistem yang sehat si lingkungan rumah anda.

 

Nah, demikian solusi mengatasi kolam ikan yang bocor dengan menggunakan Top Mortar Wastop Immersa.

Kunjungi www.topmortar.com dan ikuti media sosial Top Mortar untuk mendapatkan info terbaru seputar produk unggulan berkualitas dari Top Mortar.

 

DISSINDO GROUP
PT Top Mortar Indonesia
Cement Mortar & Waterproofing Manufacture
Alamat Head Office:
Gedung Puskop Kartika Jayakarta Jl. TB Simatupang, RT.9/RW.3, Rambutan, Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830

Official Hotline 0878-2621-0888
Email: info@topmortar.com

WEBSITE:
https://topmortar.com/

INSTAGRAM:
https://www.instagram.com/topmortar_official/

TIKTOK
https://www.tiktok.com/@topmortar?lang=en

TWITTER:
https://twitter.com/topmortar_ofc