Mengganti keramik lama yang sudah kusam atapun rusak dengan cara membongkarnya dan digantikan dengan keramik baru adalah cara yang digunakan secara umum. Namun tidak sedikit pula dari masyarakat merasa bahwa cara tersebut membutuhkan waktu lama dengan proses pengerjaan yang panjang serta memerlukan biaya yang mahal.

Akan tetapi apakah sobat Topers tahu bahwa ada cara yang lebih praktis, cepat dan ekonomis?

Yup, dengan menggunakan Top Mortar Perekat Keramik / Tile Adhesive, anda dapat mengganti keramik lama dengan cara menumpuknya langsung dengan keramik baru. Teknik “Tile on Tile” / pasang keramik diatas keramik adalah teknik dimana keramik baru dipasang diatas keramik lama dengan menggunakan Top Mortar Perekat Keramik sebagai semen perekatnya.

Mengandung bahan mortar berkualitas yang diformulasikan secara khusus, Top Mortar Perekat Keramik memiliki daya rekat kuat, padat dan elastis sehingga dapat mencegah popping pada keramik juga dapat digunakan untuk pemasangan tipis (thinbed) maupun pemasangan tebal (thicbed) diatas permukaan floor screed dan diatas permukaan dinding bata ringan. Memiliki keunggulan pada hasil adukan yang lebih tipis sehingga dapat menghemat penggunaan material. 

 

Cara Pasang Keramik Baru Diatas Keramik Lama / Tile on Tile

  1. Persiapan

 

Bersihkan permukaan keramik lama dari debu, kotoran dan serpihan. Pastikan permukaan yang akan dipasang keramik dalam kondisi rata.

 

  1. Pengerjaan

 

  • Campurkan Top Mortar Perekat Keramik 40 Kg / secukupnya dengan air 10-13 liter / secukupnya, lalu aduk ± 3-5 menit hingga adukan rata berbentuk pasta.

 

  • Gunakan trowel bergerigi untuk meratakan perekat keramik, lalu rekatkan keramik sambil ditekan dan pukul secara perlahan dengan menggunakan palu karet hingga lapisan perekat keramik menjadi padat.

 

  • Jangan lupa gunakan tile spacer agar keramik tidak bergeser saat pemasangan dan untuk mempermudah menyesuaikan jarak nat yang dibutuhkan. Setelah itu, biarkan 24 jam hingga kering maksimal.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda menggunakan teknik Tile on Tile adalah:

  • Anda tidak perlu merendam keramik yang baru sebelum proses pemasangan.
  • Karena keramik lama tidak dibongkar, maka permukaan lantai akan lebih tinggi dari sebelumya sehingga anda perlu menyesuaikan tinggi lantai dengan ukuran daun pintu supaya pintu tetap berfungsi dengan baik.

 

Gunakan Top Mortar Perekat Keramik / Tile Adhesive untuk pemasangan keramik rumah anda untuk mendapatkan hasil lantai yang kokoh, awet, anti-popping serta lebih praktis, hemat, cepat dan ekonomis.

 

Baca artikel lainnya: https://topmortar.com/2023/07/06/pasang-keramik-baru-tanpa-bongkar-keramik-lama/