Cuaca yang berubah - ubah sering kita temui pada saat musim hujan, tetapi tak usah khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. 

.

Membangun rumah saat musim hujan perlu dibarengi oleh pengetahuan yang memadai. Pasalnya, medan yang di hadapi akan berbeda dengan musim kemarau. Dari mulai persiapan, pemilihan bahan, hingga berbagai antisipasi lain. Beberapa persiapan yang harus dilakukan:

.

1.Cek Info Cuaca Secara Berkala

Saat hendak membangun rumah di musim hujan, langkah pertama yang dilakukan adalah cek informasi prakiraan cuaca. Informasi tersebut mudah didapatkan, seperti dari situs resmi, media sosial atau aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Tujuannya agar kamu memberitahu pekerja dan melakukan persiapan jika hujan datang di tengah proses membangun rumah.

.

2.Ketahui Karakteristik Bahan Bangunan 

Sifat-sifat bahan bangunan cukup beragam, ada yang tahan terhadap air, dan ada pula material tidak tahan air. Mengetahui karakteristik bahan bangunan membantu Anda untuk mengkondisikan letak penyimpanannya.

.

3.Pasang Atap Darurat

Pemasangan atap darurat bisa menggunakan terpal. Hal ini guna melindungi berbagai material bangunan dan para pekerja. Pastikan kondisi terpal prima agar tidak bocor-bocor saat diterpa hujan. 

.

4.Lokasi Wajib Aman dari Aliran Air

Sebelum membangun rumah, ada baiknya Anda riset atau bertanya kepada pemilik lahan sebelumnya, apakah lokasi yang sedang Anda bangun adalah jalur air? Bagaimana kemiringannya? Pasalnya, jika lokasi menjadi jalur air akan sangat menghambat proses pembangunan dan berisiko.

.

5.Pastikan Air Dapat Mengalir di Sekitar Lokasi

Setelah memastikan jalur air, Anda dapat membuat parit kecil di sekitar lokasi sebagai lalu lintas air hujan. Langkah antisipasi supaya air tidak menggenang di lokasi pembangunan yang dapat membasahi material.

.

6.Amankan Material yang Tak Tahan Air

Tips satu ini tidak boleh dilewatkan. Setelah mengetahui sifat material bangunan, Anda wajib menyimpannya di area yang aman dan kondusif, jauh dari potensi genangan dan jalur air. Material seperti semen, pasir, dan batu bata wajib diperhatikan tempat penyimpanannya karena rawan rusak apabila tergenang air.

.

7.Sediakan Alat Pengaman

Walau sudah rutin mengecek informasi prakiraan cuaca lewat BMKG, alam tetaplah alam yang tak bisa manusia prediksi. Siapa yang tahu, seberapa besar hujan atau sambaran kilatan yang terjadi. Maka dari itu, siapkan sejumlah alat pengaman, seperti penangkal petir di sekitar lokasi. Supaya Anda dan para pekerja merasa aman dan terhindar dari risiko kecelakaan. 

.

8.Pintar Mengatur Waktu dan Prioritas Pekerjaan

Perlu ada manajemen waktu yang tepat, khususnya dalam mengatur pembelian material dan proses pengerjaan. Jangan bernafsu ingin memborong bahan bangunan dalam sekali waktu. Sebaiknya, atur sedemikian rupa guna menyesuaikan dengan proses pengerjaan.

.

9.Pilih Pekerja yang Sudah Handal

Kondisi hujan yang tak bisa diprediksi mengharuskan Anda memakai jasa pekerja atau tukang yang andal. Ada dua alasan. Pertama menghindari keluhan karena pekerjaanya terganggu akibat hujan. Kedua, kendala seperti hujan harus ditangani oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dan ahli untuk meminimalkan potensi masalah.

.

10.Siapkan Biaya Tambahan

Sudah dijelaskan berulang bahwa hujan adalah sesuatu yang tak bisa diprediksi. Maka dari itu, segalanya perlu disiapkan sedari dini, misalnya mempunyai biaya tambahan. Hal ini adalah langkah preventif jika waktu pengerjaan menjadi lebih lama dan ada bahan bangunan yang mengalami kerusakan.

.

11.Keselamatan yang Utama

Dalam membangun rumah, bagaimanapun keselamatan adalah nomor satu. Ketika di tengah kondisi pengerjaan terjadi hujan besar dan ada kilatan petir berbahaya bagi pekerja, lebih baik hentikan proses pembangunan untuk sementara. Walau material ada yang hancur atau rusak tetapi keamanan dan keselamatan pekerja harus didahulukan.

 

 

Membangun Rumah Mengapa Harus Pilih DUMA?

DUMA® mempunyai profil panel yang dapat Anda gunakan sebagai dekorasi pada bidang outdoor yaitu profil DUMA® Click-On Hollow (COH).

Profil COH dapat digunakan sebagai dekorasi kisi-kisi plafon, dinding, penyekat ruangan (partisi), maupun untuk dekorasi fasad eksterior bangunan. Profil COH memiliki sistem instalasi yang praktis dan mudah, dapat dipasang menggunakan Click PVC atau Tracker. Selain mempercepat proses instalasi, sistem ini juga menyembunyikan sekrup, sehingga hasil akhir lebih rapi.

Memiliki tampilan menyerupai kayu asli dengan keunggulan plastik serta berat yang ringan, membuat profil COH tahan lama dan mudah untuk dipasang.

.

Profil DUMA® Click-On Hollow (COH) dilengkapi dengan formulasi anti-UV yang membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, sehingga tidak mudah keropos, lapuk atau menjadi getas saat terpapar sinar matahari dan hujan. 

 

 

Jangan ragu lagi memilih DUMA® Wood Plastic Composite sebagai penutup dekorasi hunian Anda, karena merupakan produk berkualitas di bidangnya.

.

Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi dan semakin meyakinkan kamu dalam memilih material Panel Dekorasi ya.

Segera dapatkan produk DUMA® Wood Plastic Composite berkualitas, dan terpercaya. Hubungi nomor Whatsapp: +62811 - 355 - 0057 atau nomor telepon: +6231 - 885 - 5588 untuk mendapatkan penawaran spesial pembelian partai, grosir, atau apabila tertarik untuk menjadi reseller.