Rumah merupakan tempat di mana kita berlindung dan beristirahat. Maka dari itu, sudah seharusnya rumah dibangun dengan fondasi dan bangunan yang kokoh agar tahan lama. Menentukan jenis atap rumah adalah salah satu hal yang sangat penting. Atap rumah melindungi kita dari beragam ancaman, seperti cuaca panas dan dingin. Tidak hanya itu, atap yang ideal juga mengurangi risiko bangunan cepat runtuh. Untuk memastikan Anda sudah memilih atap yang benar, Anda harus tahu dulu faktor apa saja yang harus diperhatikan. Yuk kita lihat, cekidotttt ... 

 

1. Sesuaikan dengan Kekuatan Kerangka Atap
Ketika memilih genteng, anda harus menyesuaikan jenis genteng dengan kerangka yang akan menopang genteng rumah anda. Cari tahu dulu bagaimana kekuatan kerangka yang anda gunakan. Pilih jenis genteng yang bisa ditopang oleh kerangka yang sudah dipasang. Jangan memaksakan genteng yang berat dipasang di kerangka yang kekuatannya tidak seberapa.


2. Pilih Atap dengan Bahan yang Tepat
Saat memilih atap rumah, pertama kamu harus memperhatikan bahannya. Kamu pasti tahu bahan untuk membuat atap itu cukup bervariasi. Masing-masing bahan memiliki karakteristik tersendiri dan harganya juga berbeda-beda. Berikut beberapa jenis bahan atap yang dimaksud.


3. Pilih Atap yang sesuai dengan Kondisi Cuaca
Cara memilih atap rumah yang selanjutnya ialah pilih yang sesuai dengan kondisi cuaca. Lebih tepatnya, kamu disarankan untuk memilih atap yang sesuai dengan kondisi cuaca di daerah kamu. Contoh, kamu ingin membangun rumah di daerah pesisir.
Cuaca di daerah ini umumnya akan sangat panas saat musim kemarau tiba. Oleh sebab itu, hindari seng dan galvalum serta atap lain yang juga dibuat dari bahan metal. Mengapa? Karena atap yang terbuat dari bahan metal akan membuat ruangan menjadi lebih panas lagi. 
Bahan metal lebih disarankan untuk digunakan di daerah pegunungan yang hawanya cenderung sejuk. Jadi dalam cara memilih atap rumah kali ini, kamu harus mengenali bagaimana cuaca yang dominan di daerah di mana bangunan itu akan didirikan.


4. Pertimbangkan dalam Kemudahan Pemasangan Atap
Lanjut ke cara memilih atap rumah lainnya ialah dengan memperhatikan cara pemasangan atau instalasinya. Ada baiknya kamu memilih atap yang mudah dipasang supaya ketika nanti terjadi kerusakan, kamu bisa dengan mudah membenahinya. 
Untuk jenis rumah mewah serta minimalis akan memiliki model atap yang beragam dan modern. Kamu memang bisa memilih model instalasi atap yang kekinian supaya tidak ketinggalan jaman. Model yang seperti ini akan membuat hunian kamu jadi lebih estetik serta unik. 
Namun sekali lagi, jangan selalu mengutamakan faktor keindahan. Pilihlah yang pemasangan atau instalasinya mudah sehingga mudah memperbaikinya saat rusak. Biasanya, genteng tanah liat dan atap baja termasuk jenis atap yang susah untuk dibongkar pasang. 
Pasalnya, pemasangannya itu memerlukan kalkulasi yang tepat sehingga sebaiknya hanya dilakukan oleh ahli saja. Kalau pemasangannya dilakukan dengan asal-asalan, bisa-bisa atap akan bolong-bolong sehingga rumah bisa bocor.


5. Terakhir, Sesuaikan dengan Anggaran yang sudah disiapkan
Pertimbangan selanjutnya yang perlu dilakukan ialah menyesuaikan budget yang ada agar kebutuhan pembelian genteng bisa terpenuhi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jangan sampai hanya karena keinginan yang terlalu tinggi, nantinya dana yang ada hanya bisa dibelikan beberapa genteng saja, selanjutnya atap anda tidak tertutup secara keseluruhan.
Jika atap tidak tertutup secara keseluruhan, pada saat hujan air akan masuk ke dalam rumah semua. Tentunya anda tidak mau bukan hal itu terjadi pada anda? Oleh sebab itu pertimbangkanlah budget yang ada agar bias disesuaikan dengan kebutuhan genteng yang dibutuhkan.