Dak merupakan istilah yang berati pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang berada di atasnya. Penggunaan istilah dak juga kerap dipakai untuk menyebut komponen konstruksi yang berada pada bagian paling atas sebuah bangunan / loteng. Jenis dak yang umunya digunakan ialah dak yang terbuat dari cor beton.

Meskipun dak beton terlihat lebih kokoh daripada atap genting, akan tetapi bukan berarti atap dak beton dijamin terhindar dari masalah kebocoran. Penggunaan dak beton pada bangunan rumah tentu tidak lepas dari resiko kebocoran yang secara umum terjadi akibat perubahan cuaca yang ekstrim. Berikut beberapa penyebab dak beton bocor:

  • Beton Retak

Adanya keretakan pada dak beton dapat menyebabkan terbentuknya celah yang mengakibatkan masuknya rembesan air.

 

  • Struktur Dak Beton Kurang Sempurna

Adapun kriteria untuk struktur dak beton yang baik, yaitu:

  • Kuat. Atap dak beton harus dibuat dengan proses yang sempurna agar menghasilkan atap dak beton yang tebal, kokoh dan kuat, sehingga mampu menahan beban pada bangunan bertingkat.
  • Rata dan halus. Pengerjaan atap dak beton harus dilakukan dengan sebaik-baiknya supaya menghasilkan  permukaan dak yang rata serta halus. Hasil permukaan dak beton yang rata dan halus juga mempengaruhi system pembuangan air pada dak beton sehingga genangan air dapat disalurkan ke saluran pembuangan air.
  • Efisien. Pengerjaan atap beton dapat diselesaikan dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama dan tepat waktu. Kalkulasi waktu pengerjaan dak beton sangat diperlukan untuk menghindari retak dan keropos akibat terlalu lamanya pengerjaan atap beton. Apalagi jika dikerjakan saat musim hujan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kebocoran pada atap dak beton, maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya dengan cara sebagai berikut:

  • Persiapan

Siapkan cat pelapis anti bocor Wastop Immersa dan kuas, lalu bersihkan permukaan dak beton dari serpihan kotoran dan minyak. Setelah permukaan dak beton bersih maka dilanjutkan dengan membasahi dak beton dengan air secukupnya untuk melembabkan permukaan dak beton.

 

  • Pencampuran

Tuangkan cairan Wastop Immersa kedalam adukan, lalu masukkan bubuk Wastop Immersa sedikit demi sedikit kedalam adukan sembari diaduk hingga merata dan berbentuk pasta.

 

  • Aplikasi
  • Aduk lagi untuk memastikan adukan benar – benar merata / homogeny.
  • Aplikasikan Wastop Immersa menggunakan kuas pada permukaan dengan arah horizontal.
  • Tunggu 2 jam hingga kering.
  • Ulangi mengaplikasikan Wastop Immersa menggunakan kuas pada permukaan dengan arah vertical atau bersilangan pada lapisan pertama.
  • Tunggu 4 – 6 jam hingga lapisan Wastop Immersa kering secara sempurna.

Dengan melapisi atap dak beton menggunakan cat pelapis anti bocor unggulan dan berkualitas seperti Top Mortar Wastop Immersa, maka permasalahan kebocoran pada atap dak beton akan terselesaikan.

 

Top Mortar Wastop Immersa adalah flexible cementitious waterproofing 2 komponen yang diformulasikan secara khusus sebagai bahan pelapis anti bocor.

Top Mortar Wastop Immersa memiliki daya rekat kuat, flexible, dan Tangguh terhadap segala cuaca serta memiliki sifat crack bridging yang sangat baik. Keunggulan yang dimiliki oleh Wastop Immersa antara lain: kedap air, cocok untuk area terendam & area lembab, flexible dan bersifat crack bridging, dapat dipasang keramik diatasnya, dapat dicat.

Demikian solusi atap dak beton bocor dengan menggunakan Wastop Immersa, semoga bermanfaat.

 

DISSINDO GROUP
PT Top Mortar Indonesia
Cement Mortar & Waterproofing Manufacture
Alamat Head Office:
Gedung Puskop Kartika Jayakarta Jl. TB Simatupang, RT.9/RW.3, Rambutan, Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830

Official Hotline 0878-2621-0888
Email: info@topmortar.com

WEBSITE:
https://topmortar.com/

INSTAGRAM:
https://www.instagram.com/topmortar_official/

TIKTOK
https://www.tiktok.com/@topmortar?lang=en

TWITTER:
https://twitter.com/topmortar_ofc