JAKARTA – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak perusahaan cat PT. Propan Raya untuk memberikan dukungan terhadap Program Sejuta Rumah. Adanya inovasi produk dan teknologi pengecatan  serta produk yang ramah lingkungan diharapkan mampu meningkatkan estetika dan kualitas rumah yang dibangun untuk masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi PT Propan Raya yang telah memiliki cat produksi dalam negeri. Kami berharap PT. Propan Raya bisa memberikan dukungan dalam Program Sejuta Rumah,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat menerima audiensi Direktur PT. Propan Raya, Yuwono Imanto di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para Direktur di lingkungan Direktorat Jenderal Perumahan antara lain Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan, Erdwadr Abdurrahman, Direktur Rumah Swadaya, KM Arsyad, Direktur Rumah Umum dan Komersial, Fitrah Nur, Plt. Direktur Rumah Susun, Maryoko Hadi, Direktur Rumah Khusus , Yusniewati serta  , National Project Goverment Unit Head PT Propan Raya, Suharno Diharjo, Corporate Branding and Communications Manager PT Propan Raya, M Irfan Hidayatullah, MSO Project Government PT Propan Raya Naomi Claudia.

Menurut Iwan, adanya Program Sejuta Rumah selain mendorong penyediaan hunian layak bagi masyarakat juga sekaligus memacu pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, pihaknya akan mengajak seluruh mitra kerja untuk mengoptimalkan pembangunan perumahan untuk masyarakat.

Direktorat Jenderal Perumahan saat ini memiliki beberapa program perumahan seperti pembangunan Rumah Susun, Rumah Khusus, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) rumah bersubsidi.

“Kami membuka peluang berbagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perumahan untuk bisa ikut mendorong pembangunan perumahan. Adanya teknologi yang variasi produk bahan bangunan diharapkan bisa membuat masyrakat memilih produk sesuai kebutuhannya,” terangnya.

Lebih lanjut, saat ini Direktorat Jenderal Perumahan juga tengah mendorong standarisasi bangunan baik dari sisi kontruksi maupun estetika bangunan. Jadi hasil bangunan rumah tidak hanya kuat dari kontruksi bangunan tapi juga terlihat rapi dan nyaman untuk dihuni.

“Berdasarkan arahan Menteri PUPR hasil pembangunan infrastruktur harus memperhatikan estetika dan kualitas. Sentuhan akhir dari proses pembangunan juga perlu diperhatikan misalnya dari sisi warna dan kualitas cat yang digunakan sehingga bangunannya awet dan tahan lama,” harapnya.

Direktur PT. Propan Raya, Yuwono Imanto mengungkapkan, PT Propan Raya siap membantu pemerintah khususnya Kementerian PUPR untuk mensukseskan Program Sejuta Rumah. PT. Propan Raya juga memproduksi berbagai produk cat untuk keperluan konstruksi, bangunan gedung, marka jalan, mebel, interior serta industri metal.

“Kami siap mendukung Program Sejuta Rumah dengan produk cat berkualitas dan bergaransi sehingga warna bangunan bisa tahan lama. Kami juga ikut dalam program beatifikasi kota, workshop pengecatan dan pelatihan tukang,” katanya.

Sumber : perumahan.pu.go.id/news