Pipa air merupakan salah satu elemen bangunan paling fungsional pada hunian. Kebutuhan air bersih di hunian pun bisa disalurkan dengan baik, bahkan limbah rumah tangga seperti air kotor juga bisa didistribusikan secara optimal. Di pasaran, pipa air terdiri dari berbagai jenis dengan kegunaannya masing-masing. Daripada kamu salah memilih, Kania akan membahas masing-masing jenis pipa air beserta kegunaannya. Ayo, simak artikel ini selengkapnya!

Pipa PVC

Dijual dengan harga terjangkau dan memerlukan proses instalasi yang mudah, pipa air PVC merupakan salah satu jenis pipa yang sangat populer digunakan di hunian. Terbuat dari bahan polivinil klorida dan tidak mengandung zat berbahaya, pipa ini aman digunakan untuk menyalurkan air bersih dan menjadi saluran air buangan seperti air hujan maupun kotoran. Karakteristiknya yang antiapi dan licin menjaga ketahannya dan menjaga aliran air agar bebas tersendat.

Pipa HDPE

Jenis pipa air lain yang bisa kamu gunakan adalah HDPE (High Density Polyethylene). Terbuat dari plastik non-toxic dengan elastisitas tinggi, pipa ini sangat aman dalam mengalirkan air untuk konsumsi rumah tangga. Berkat karakternya yang sangat kuat dan elastis, pipa jenis HDPE pun sangat cocok dipasang di perumahan yang berlokasi di tanah berkontur tidak stabil, curam, hingga rawan bencana.

Pipa Drainage

Berbeda dengan jenis pipa lainnya, pipa air SDR-41 dikhususkan untuk pembuangan limbah. Pipa SDR-41 ini memiliki ketebalan yang optimal untuk saluran fluorida berupa limbah tanpa tekanan, serta memiliki karakter berwarna cokelat sehingga memudahkan identifikasi jenis saluran air.

Masing-masing jenis pipa air di atas memiliki karakter dan fungsi berbeda untuk dipasang di hunian. Namun yang paling penting, selalu gunakan pipa air yang memiliki standarisasi khusus sehingga penggunaannya aman dan tahan lama.

Jangan lupa cek website kami di www.pipamaspvc.com