Proses Dewatering atau konstruksi dewatering adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan menghilangkan/mengurangi air tanah atau air permukaan dari lokasi konstruksi.

---

Biasanya proses pengeringan (dewatering) dilakukan dengan memompa atau menguapkan yang dilakukan sebelum penggalian untuk pijakan awal atau untuk menurunkan permukaan air tanah yang dapat menyebabkan terjadinya masalah selama masa penggalian.

Proses dewatering juga bisa berarti proses memindahkan/mengalirkan air dari suatu lokasi ke lokasi lainnya atau proses pemindahan air tanah. Penerapan dewatering yang benar tentu akan berdampak baik pada sebuah proyek konstruksi dengan memenuhi beberapa praktik yang sesuai dengan ketentuan dan menghindarkan proyek dari masalah yang disebabkan dari pencemaran/bahaya air tanah.

Geotube adalah wadah atau unit yang terbuat dari geotekstil woven  (polypropylene). Geotube memiliki volume tinggi dan biaya rendah untuk mengeringkan air limbah atau lumpur yang terkontaminasi. Geotube terbuat dari geotekstil permeabel kekuatan tinggi. Detail produk.

Geotube memiliki ukuran khusus, efisien, serbaguna, dan andal dalam kondisi cuaca apa pun. Geotube memiliki keamanan operasional, hemat biaya, dan perawatan rendah. Yang paling penting, ramah lingkungan,dan dapat mengurangi jejak karbon.

Ada 3 langkah dalam proses dewatering dengan Geotube, diantaranya adalah :

  1. Filling and Thickening: Langkah awal adalah memompa limbah kerukan atau slurry ke dalam Geotube. Penambahan flokulan yang ramah lingkungan mempercepat dan memungkinkan pengikatan limbah padat, memisahkan cairan/air.
  2. Dewatering: Pada fase ini, kelebihan air mengalir keluar dari lapisan geotekstil berpori Geotube. Dewatering mengarah pada pengurangan volume limbah yang efisien. Tergantung pada kualitas dekantasi efluen, limbah tersebut dapat diproses lebih lanjut atau dibiarkan dengan aman ke sungai dan badan air tanpa pengolahan.
  3. Konsolidasi: Setelah pengeringan, residu padat di Geotube terus mengering dan memadat. Dewatering lumpur dengan Geotube mencapai hampir 90% pengurangan volume. Pada akhirnya, Geotube dibelah, dan limbah padat diangkut untuk dibuang.

Teknologi Geotube dapat digunakan pada konstruksi Pelabuhan, Perlindungan pantai, Bendungan, Tanggul dan untuk limbah padat di tempat pembuangan sampah dan remediasi kolam lumpur.

Informasi proyek dan pemesanan, silahkan hubungi kami.