Bagi sebagian besar masyarakat, kamar mandi adalah salah satu bagian penting yang harus tersedia pada suatu bangunan / rumah. Selain berfungsi sebagai kebutuhan sanitasi seperti, mandi, sikat gigi, buang air dan merias diri, kamar mandi juga digunakan sebagai tempat relaksasi.

 

Oleh sebab itu, perawatan rutin dan berkala harus dilakukan agar kamar mandi di rumah anda terhindar dari beberapa masalah yang dapat menimbulkan kerusakan hingga ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. Secara umum, permasalahan yang ada pada kamar mandi adalah kebocoran di bagian bak mandi. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya?

 

  1. Temukan Letak Kebocoran

 

Temukan letak kebocoran dengan cara mengisi bak mandi hingga penuh, lalu periksa batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi bak terisi penuh. Apabila air dalam bak habis tak tersisa, maka sudah dapat dipastikan bahwa kebocoran ada pada dasar bak mandi. Namun jika air dalam bak tidak terlalu surut, maka kebocoran ada pada bagian dinding bak.

Setelah anda menemukan titik kebocoran, buatlah tanda di area yang bocor untuk mempermudah proses penambalan. Bilamana titik kebocoran pada bak mandi terlalu kecil, maka buatlah lubang tersebut sedikit lebih lebar supaya proses penambalan lebih mudah.

 

2. Tambal Kebocoran

 

Tambal kebocoran bak mandi dengan menggunakan Wastop Immersa dan jangan lupa siapkan peralatan pendukung yang dibutuhkan seperti: kuas, ember, gelas takar dan adukan / hand mixer. Setelah itu lakukan langkah – langkah berikut:

 

  • Bersihkan area kebocoran dari debu, kotoran dan serpihan.
  • Tuangkan cairan dan bubuk Wastop Immersa sedikit demi sedikit ke dalam ember sambil diaduk hingga tercampur dengan rata.
  • Gunakan kuas untuk meratakan adukan Wastop Immersa di area kebocoran bak mandi secara searah vertikal dan biarkan kering ± 2 jam.
  • Setelah lapisan pertama kering, ratakan sekali lagi adukan Wastop Immersa di area kebocoran secara searah horizontal (bersilangan dengan lapisan pertama) dan biarkan kering 4 hingga 6 jam.

 

Setelah hasil tambalan sudah kering sempurna, lakukan test rendam / percobaan untuk memeriksa apakah masih terdapat kebocoran pada bak mandi anda dengan cara mengisi air pada bak mandi hingga penuh.

Dengan melakukan perawatan pada bak mandi secara rutin, secara tidak langsung anda telah menciptakan lingkungan rumah yang nyaman, bersih dan sehat.

Demikian rekomendasi waterproofing yang cocok untuk menambal kebocoran pada bak kamar mandi anda, semoga tips kali ini bermanfaat.