Artikel Terbaru

Artikel ini disadur dari Detik

Di momen Ramadhan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyelenggarakan Safari Ramadan yang dilaksanakan di Masjid Al-Hidayah Bedoro, Sambung Macan, Sragen. Dalam kesempatan tersebut, sebanyak ratusan paket sembako dibagikan kepada warga, yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sragen Suroto.
Isi paket tersebut antara lain yakni berupa beras, gula, teh, minyak goreng, kecap dan lain sebagainya. Tak hanya sembako, pada momen tersebut Pemkab Sragen bersama dengan Kementerian Agama RI (Kemenag) juga memberikan bantuan Al-qur'an. Kegiatan ini pun dilakukan secara maraton mulai dari Zuhur, Asar hingga Tarawih.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sragen Suroto mengatakan pembagian sembako ini merupakan wujud dari sinergi antara pemerintah daerah (pemda) serta instansi untuk peduli terhadap kaum muslim.

"Yang mana istilahnya melakukan ritual ibadah bisa berjamaah dan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus Masjid di Kabupaten Sragen. Insyaallah, kita peduli dan hadir di tengah-tengah rakyat," kata Suroto, dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2024).

Dalam acara yang digelar pada Selasa (2/4), Suroto menambahkan adapun kriteria penerima bantuan juga dikoordinasikan bersama dengan Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Sragen, yakni warga yang masuk dalam golongan di bawah garis kemiskinan.

Salah seorang warga Suprapti (75), mengaku merasa terharu dan senang atas pemberian sembako yang diberikan. Menurutnya, sembako yang diberikan sangat berguna bagi kehidupannya bersama dengan keluarga.

"Terima kasih atas sembako yang kali ini diberikan. Saya bersyukur, momen Ramadhan semakin terasa," ujar Suprapti.

Tak hanya Suprati, salah seorang warga yang juga menerima bantuan, Ilham (35), mengaku telah lama mengantri untuk mendapatkan sembako.

"Alhamdulillah, semoga barokah bagi para donatur. Terimakasih atas perhatian yang telah diberikan kepada warga," kata Ilham.

Di sisi lain, Brand Manager Bata Ringan Blesscon Yusuf Permadi mengatakan momen berbagi di bulan Ramadan ini merupakan wujud saling peduli terhadap sesama, utamanya di bulan yang penuh berkah.

"Melalui paket sembako ini, semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Utamanya di wilayah Kabupaten Sragen, dimana sembako ini wujud kepedulian kami," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan kegiatan pemberian bantuan sembako ini juga merupakan simbol mempererat tali persaudaraan antara Bata Ringan Blesscon, Pemkab Sragen dan juga masyarakat sekitar.

"Selain itu, tentunya momen ini dapat menjaga keharmonisan antar perusahaan, pemerintah dan juga masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, program bantuan pemberian sembako ini juga merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan Bata Ringan Blesscon di sekitar wilayah plant (pabrik) nya di Kabupaten Sragen.

"Ini adalah bentuk perhatian dari kami, sebagai perusahaan dengan masyarakat sekitar. Mudah-mudahan manfaat dan berkah bagi masyarakat sekitar untuk sehari-hari," jelas Yusuf.

Hal sama juga dikatakan oleh HRGA Manager PT Superior Prima Sukses Roni Tri Cahyono Soeroso kepada Pemkab Sragen yang telah bersama-sama bersinergi memberikan bentuk perhatian kepada masyarakat dengan adanya pemberian sembako ini.

"Terima kasih Bata Ringan Blesscon sudah dilibatkan dan bersama-sama kita berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah Kabupaten Sragen, dan bisa berbagi ke masyarakat sekitar di momen Ramadhan ini," kata Roni.

Lebih lanjut, dirinya berharap ke depan sinergi antara Bata Ringan Blesscon dengan Pemkab Sragen dapat semakin baik, utamanya dalam memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Ke depan Bata Ringan Blesscon bersama dengan Pemkab Sragen bisa menjalin hubungan baik secara terus menerus dengan masyarakat tentunya," pungkasnya.